Membangun Apartemen

Saya sebenarnya tidak memiliki ilmu banyak tentang Developer. Tapi beberapa perumahan bisa terwujud dan menjadi portofolio yang cukup baik sebagai sebuah perusahaan baru yang belajar secara otodidak. Sekali lagi, saya memang tidak punya banyak ilmu tentang developer, saya hanya memiliki satu ilmu: magnet rezeki, dan itu saya coba jalankan dengan disiplin.

Satu hal yang saya pikirkan sejak awal membangun perumahan di tahun 2006 adalah membangun apartemen. Ketika saya berada di Johor Baru, saya kagum dengan landsekap kotanya yang masih banyak sekali ruang terbuka hijau. Ketika ke Singapura dan Korea, saya juga menemukan betapa hormatnya mereka akan ruang terbuka 
hijau. Hal itu bisa terwujud karena bangunan yang dibangun secara vertikal.

Maka, saya pun bermimpi bisa membuat apartemen di suatu saat nanti. Tapi, saya tidak punya ilmu tentang apartemen. Pun tidak mengerti bagaimana mendapatkan modal yang cukup untuk pembangunan proyek tersebut.

Satu hal yang saya tahu: ilmu magnet rezeki. Dan ajaibnya, alhamdulillah saat kami menyusun buku ini, Orchid Realty sedang mempersiapkan sebuah apartemen yang insya Allah akan launching di tahun 2017. Lokasinya di samping Universitas Indonesia, kota Depok.

Bagaimana prosesnya? Sebenarnya prosesnya akhirnya menjadi tidak penting. Saya pun jika ditanya tentang prosesnya tidak memahami secara detail bagaimana modal dan ilmu itu bisa datang.

Saya memperhatikan polanya yang berulang. Hanya tinggal menjalankan pola itu dengan disiplin, tiba-tiba saja datang orang yang mengajarkan ilmu apartemen dan ilmu permodalannya sekaligus. Dan, magnet rezeki pun bekerja.


Komentar